0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Siswa SMP Mangkir Imunisasi MR, Ini Sebabnya

Wonogiri — Puluhan pelajar SMPN 2 Wonogiri mangkir saat imunisasi vaksin campak dan rubella.  Penyebabnya, para pelajar tersebut mengaku dalam kondisi tidak sehat.

“Target imunisasi vaksin MR ini seluruh siswa kami, yang jumlahnya sekitar 700 siswa. Tapi tadi setelah kita lakukan pendataan ada sekitar 50 siswa yang tidak dapat mengikuti imunisasi vaksin MR ini,” ujar Kapala Sekolah SMPN 2 Wonogiri, Tarmo Golik, Rabu (2/8).

Menurut dia, mereka rata- rata beralasan sedang tidak sehat atau sakit. Pihaknya tidak mau memaksa agar para pelajar tersebut tetap untuk ikut imunisasi.

“Yang jelas, karena kondisinya kurang fit, jadi mereka tidak siap. Kita juga sudah konsultasi dengan tim medis, dan mereka menyatakan kalau tidak sehat jangan dipaksa karena nanti efeknya malah tidak baik,” beber DIA.

Sementara itu, Pemkab Wonogiri mentargetkan tahun ini, sebanyak 191 ribu anak usia 9 bulan hingga 15 tahun sudah mendapatkan imunisasi vaksin measless rubella (MR). Waktu pelaksaannya, selama dua bulan (Agustus- September). Di bulan Agustus vaksin MR menyasar pada sekolah- sekolah, sedang bulan September, pemberian vaksin MR dilangsungkan melalui program kesehatan.

“Menurut data dari Dinkes, imunisasi MR ini bukan hanya untuk pecegahan campak dan rubella, tapi juga untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan. Misalnya gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung dan gangguan mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan,” tandas Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge