0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLN Siap Penuhi Permintaan Ketenagalistrikan Jawa Bali

Petugas PLN saat memasang instalasi listrik (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Pengembangan ketenagalistrikan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat sejak beberapa tahun belakangan ini. Hal itu ditandai dengan adanya program pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW, yang dilanjutkan dengan program pembangunan pembangkit 35.000 MW dan transmisi pendukungnya.

“Dengan kapasitas yang kita miliki saat ini, PLN sangat siap untuk memenuhi permintaan ketenagalistrikan di Jawa Bali,” ujar Direktur Bisnis PT PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin, Rabu (2/8).

Kesiapan PLN tersebut ditandai dengan kemampuan supplai Sistem Jawa Bali yang memiliki cadangan operasi reserve kurang lebih 30 persen dari total kebutuhan listrik.  Menurutnya, beban puncak listrik Jawa Bali saat ini sebesar 25.106 MW dan daya mampu netto sebesar 33.153 MW. Sehingga jika dikalkulasi masih ada cadangan daya sebesar 8.000 MW.

Selain itu, di Jawa Tengah sendiri ada tiga proyek pembangkitan yang sedang berjalan. Diantaranya adalah PLTU Jawa 4, dengan kapasitas 2 x 1000 MW di Tanjung Jati, Jepara, PLTU Batang dengan kapasitas 2 x 1000 MW, PLTU Jawa 8, dengan kapasitas 1 x 1000 MW di Cilacap.

“Dengan ketersediaan pembangkit di Sistem Jawa Bali  dan pembangunan-pembangunan Pembangkit Listrik yang sedang berjalan di Jawa Tengah saat ini, menunjukkan bahwa PLN siap memenuhi permintaan tenaga listrik bagi masyarakat dan kebutuhan industry di masa depan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge