0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada Kebakaran, Ini Cara Mengantisipasinya

Linmas Kecamatan Laweyan mengikuti latihan dan simulasi pemadaman api (foto: Khalik)

Solo – Mengantisipasi bahaya kebakaran di musim kemarau saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo terus memberikan pelatihan dan simulasi pemadaman api kepada masyarakat. Kali ini, giliran petugas perlindungan masyarakat (linmas) Kecamatan Laweyan yang mendapat pelatihan cara memadamkan api.

“Pelatihan dan sosialisasi mengantisipasi kebakaran ini kami berikan intensif kepada masyarakat untuk mencegah timbulnya hal yang tidak diinginkan,” terang Kepala Dinas Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto kepada Timlo.net, Rabu (2/8).

Kunci dalam mengantisipasi timbulnya bencana kebakaran adalah tidak panik saat melihat api yang semakin membesar. Biasanya, saksi saat melihat api akan langsung panik dan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Praktis, hal tersebut akan memperparah keadaan atau bahkan mengancam nyawa jika tidak segera diambil tindakan.

“Intinya jangan panik. Semakin kita panik, maka tidak akan berfikir jernih,” jelas Gatot.

Mengatasi api yang telah membesar, lanjutnya, saksi dapat meminta pertolongan atau melakukan pemadaman jika dianggap masih mampu. Namun, jika sudah di luar jangkauan maka lebih baik menghindar dan menghubungi petugas pemadaman.

Terkait pelatihan dan sosialisasi terhadap Linmas di Kecamatan Laweyan tersebut, Gatot menilai jika peran Linmas sangatlah besar dalam melakukan pencegahan terhadap bencana kebakaran. Mereka dapat menyalurkan pengetahuan yang telah didapatkan kepada masyarakat lantaran langsung bersentuhan dengan warga.

Maka dari itu, pihaknya berharap agar apa yang telah didapatkan oleh anggota Linmas tentang penanggulangan bencana kebakaran di wilayah mereka dapat diterapkan dengan baik.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge