0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengintip Persiapan Dieng Culture Festival

Ribuan manusia serbu Dieng Culture Festival 2016 (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net – Even budaya tahunan Dieng Culture Festival digelar 4-6 Agustus 2017 nanti. Pemkab Banjarnegara sebagai salah satu panitia siap menggelar berbagai event. Dieng Culture Festival 2017 diperkirakan akan lebih meriah dan lebih banyak pengunjung.

“Dalam DCF ke–8 nanti akan digelar acara Ritual Cukur Rambut Gembel, Jazz Di atas Awan, Kirab Budaya, Pesta kembang Api, Parade Kesenian, Pesta Lampion, Ekspo UKM dan Purwaceng, yang dipusatkan di Komplek Candi Arjuna, Dieng Banjarnegara,” kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Rabu (2/8).

Budhi Sarwono mengungkapkan, cara paling utama pada Dieng Festival nanti adalah ritual pemotongan rambut gembel. Anak-Anak Rambut Gimbal di Dieng Titipan Kyai Kolo Dete, yang memiliki rambut gimbal ini akan dipotong rambut gimbalnya, setelah adanya keinginan tersendiri dari anak tersebut.

“Setiap anak yang rambut gimbalnya akan dipotong, mereka boleh meminta suatu hal dan permintaan tersebut harus dipenuhi,” ungkap Budhi Sarwono.

Budhi Sarwono membeberkan, wisatawan juga akan disuguhi berbagai kesenian melalui parade budaya, baik sebelum maupun sesudah acara ritual pemotongan rambut gembel.

“Yang tidak kalah menariknya adalah suguhan Jazz atas awan Dieng. Para penikmat musik jazz bisa menikmati indahnya kreativitas musik jazz dan pop selama jazz atas awan Dieng ini. Indahnya malam Desa Dieng juga makin meriah dengan munculnya kabut serta hawa dingin yang menusuk. Sangat sensasional untuk wisatawan yang suka tantangan,” bebernya.

Salah satu paket dalam DCF adalah Festival lampion. Dalam festival lampion ini setiap peserta Dieng Culture akan mendapatkan 1 lampion, sehingga ada sampai ribuan lampion yang akan diterbangkan malam itu. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan indahnya malam bertabur lampion. Serta momen yang pas untuk diabadikan dengan ponsel atau kamera, karena hasil fotonya dijamin luar biasa bagusnya.

“Pesta kembang api ini menjadi kegiatan lain yang bisa wisatawan saksikan selama di Dieng Culture Festival. Suasana meriah dan indah akan tercipta pada malam pesta kembang api di Dieng. Pesta kembang api di komplek Candi Arjuna juga mampu menciptakan suasana akrab antar pengunjung pada DCF,” kata Budhi Sarwono.

Banyak tempat wisata alam yang akan kita kunjungi selama mengikuti Dieng Culture Festival. Bukit scooter menjadi salah satu tempat yang bisa dikunjungi. Selain itu, ada lagi bukit sikunir, tempat di mana para wisatawan bisa menikmati golden sunrise .

Dieng Culture Festival (DCF) ini sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan DCF sangat baik untuk melestarikan budaya asli Dieng.

Keunikan budaya yang ada dalam event Dieng Culture Festival 2017 dipastikan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan pagelaran budaya terbaik di Desa Dieng .

“Untuk Pengalaman yang terlupakan, kunjungi dan saksikan Dieng Culture Festival,” jelas Budhi Sarwono.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge