0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Slop Rokok Diamankan PPIH Embarkasi Solo

Calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci (dok.timlonet/achmad khalik)

Boyolali — Petugas Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Embarkasi Solo telah menemukan rokok sebanyak 73 slop dari 36 koper calon jamaah haji (Calhaj). Rata-rata Calhaj yang kecanduan merokok membawa 2 slop untuk bekal berangkat ke Tanah Suci.

“Sampai saat ini, kami menemukan 73 slop dari 36 koper Calhaj yang masuk ke Asrama Haji,” terang Kasubag Humas PPIH Asrama Haji Embarkasi Solo, Badrus Salam kepada Timlo.net, Rabu (2/8) siang.

Meski tak ada larangan terkait membawa rokok saat berangkat haji, kata Badrus, namun ada pembatasan rokok yang musti dibawa warga negara asing ke Arab Saudi. Dalam musim haji 2017 kali ini, pemerintah Arab Saudi membatasi pembawaan rokok sebanyak 200 batang atau sekitar 1 slop.

“Jika para calhaj membawa dua slop, maka kami sita yang satu slop. Mereka dapat mengambil, saat pulang dari tanah suci,” terangnya.

Bukan tanpa alasan, pihak PPIH melakukan penyitaan tersebut. Pasalnya denda yang dikenakan Pemerintah Arab Saudi terhadap jamaah haji yang melanggar ketentuan tersebut sangatlah berat yakni denda sebesar 10.000 real atau setara Rp 35 juta-an.

“Maka dari itu, nilai dendanya saja hampir setara ongkos naik haji. Ketimbang kena denda, mending titipin dulu di sini. Toh bisa diambil lagi pas pulang nanti,” kata Badrus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge