0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fraksi PDIP Dukung Pelepasan Aset Pemkot Solo

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Solo, YF Sukasno (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rencana pelepasan aset yang akan dilakukan Pemkot Solo dinilai sudah sesuai dengan regulasi yang ada dalam aturan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016. Disamping itu, pelepasan yang dilakukan juga digunakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Kami mendukung penuh pelepasan aset yang akan dilakukan Pemkot Solo,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Solo, YF Sukasno, Rabu (2/8) siang.

Dukungan tersebut bukan tanpa alasan. Menurut politisi PDIP ini, rakyat telah menghuni kawasan tersebut selama 20 tahun. Disamping itu, pertimbangan lain adalah mereka berstatus MBR sehingga sudah sepantasnya untuk mengajukan permohonan ke Pemkot.

“Kami mendukung rencana tersebut karena alasan kemanusiaan. Kami tidak khawatir jika nantinya warga lain iri dengan adanya rencana ini, sebab semua sudah diatur sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Rencana ini sebelumnya juga sudah masuk dalam pembahasan BP2D (Badan Penyelenggaraan Peraturan Daerah). Dan saya yakin fraksi lain juga sependapat dengan kami terkait persoalan ini,” jelasnya.

Sementara, Anggota Pansus Permit Pelimpahan Aset, Renny Widyawati mengatakan bahwa pihak eksekutif telah memaparkan latar belakang pelimpahan aset ini.

“Saat ini tengah dilakukan penilaian terkait verifikasi pemohon. Nantinya akan dilihat apakah masyarakat benar-benar MBR sesuai dengan syarat pelimpahan aset. Keputusan akhir apakah nantinya disetujui atau tidak tetap di Paripurna dan pendapat akhir masing-masing fraksi,” terangnya.

Seperti diketahui, tanah yang akan dilepas oleh Pemkot yakni hak pakai (HP) nomor 11 kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon seluas kurang lebih 2.259 m2. Kemudian HP nomor 10 kelurahan Tipes, Serangan dengan luas 1.876 m2 serta di kelurahan Pucangsawit, Jebres yakni HP nomor 40 dengan luas 509 m2 dan HP 43 yang luasnya 573 m2

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge