0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian: Minum Antibiotik Hingga Habis Justru Berdampak Negatif

Ilustrasi obat (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Ahli penyakit Inggris menyarankan kita untuk tidak meminum antibiotik hingga habis jika sudah sembuh. Dia mengungkapkan jika saran untuk meminum antibiotik hingga habis adalah saran yang salah. Saran ini bila dituruti bisa membuat tubuh mengalami resistansi obat.

Biasanya dokter menyatakan jika kita berhenti minum antibiotik, maka tubuh akan mengalami resistansi antibiotik. Tapi menurut tim peneliti ini, penyebab resistansi antibiotik adalah minum antibiotik hingga habis. Penelitian itu diterbitkan dalam The British Medical Journal.

“Kami mendesak pembuat kebijakan, pendidik dan dokter untuk berhenti menyarankan ‘minum antibiotik hingga habis’ saat berkomunikasi dengan masyarakat,” tulis tim itu dilansir dari Times of India, Rabu (2/8). Tim itu dipimpin oleh ahli penyakit menular Martin Llewelyn dari the Brighton and Sussex Medical School, UK.

“Lebih jauh lagi, mereka harus mengungkapkan secara publik jika saran ini tidak berbasis pada bukti,” tambah mereka. Tim itu mengatakan diperlukan penelitian lebih jauh untuk membuat panduan alternatif yang lebih baik.

World Health Organization (WHO) misalnya, menyarankan kita meminum antibiotik hingga habis sekalipun sudah sembuh. “Penting bagi kita untuk mempertimbangkan hasil penelitian terbaru ini, tapi kita tidak bisa menyarankan perluasan perubahan perilaku dari hasil sebuah penelitian tunggal,” ujar Profesor Helen Stokes Lampard dari Royal College of General Practitioners, UK.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge