0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Beras Maknyuss, Polisi Tetapkan Dirut Jadi Tersangka

Brigjen Rikwanto (merdeka.com)

Timlo.net – Polisi menetapkan Direktur Utama (Dirut) PT Indo Beras Unggul (IBU) sebagai tersangka dalam kasus dugaan kecurangan pangan. Penetapan tersangka dilakukan pada Selasa (1/8).

“Ya benar, Ditetapkan tersangka usai diperiksa kemarin malam,” ujar Karopenmas Divhumas Mabes Polri, Brigjen Rikwanto, Rabu (2/8).

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya juga membenarkan terkait penetapan tersangka terhadap produsen beras Maknyuss dan Ayam Jago tersebut.

“Inisial tersangka TW,” ujar Agung.

Sebelumnya, satgas pangan Polri melakukan penggrebekan terhadap gudang beras di Bekasi pada Kamis (20/7) lalu. Dari hasil penggerebekan, polisi telah mengamankan dua kemasan beras merk Ayam Jago dan Maknyus yang dijadikan sebagai barang bukti.

Dua merk beras tersebut, diduga dijual dengan harga yang tidak normal atau melebihi diatas ketentuan harga penjualan maksimal. Selain itu juga, cara mereka untuk membeli gabah dari petani dengan harga mahal juga diduga telah merugikan para penggiling yang tidak kebagian jatah gabah.

Oleh karena itu PT IBU diduga telah melanggar pasal 141 Jo Pasal 89 UU RI No. 18 Tahun 1992 tentang pangan. Serta melanggar Pasal 8 huruf e UU RI No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Pasal 382 bis KUHP tentang Perbuatan Curang.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge