0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyaluran Kredit Tumbuh Melambat, Ini Sebabnya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Realisasi penyaluran kredit yang dilakukan oleh perbankan pada periode semester pertama 2017 tumbuh melambat. Kondisi tersebut lebih banyak dipengaruhi karena ekonomi yang sedang lesu dan kebijakan perbankan untuk menjaga angka kredit macet.

“Memang untuk saat ini penyaluran kredit baik nasional maupun di Soloraya sedang tumbuh melambat,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe widiarto kepada wartawan, Rabu (2/7).

Kondis itu cukup wajar, pasalnya sebelum lebaran kemarin banyak masyarakat yang melakukan pengajuan kredit. Selain itu, juga tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat karena bersamaan dengan adanya tahun ajaran baru anak sekolah.

“Sehingga untuk menekan angka non performing loan (NPL) agar tidak meningkat, sekarang ini perbankan lebih fokus melakukan konsolidasi daripada penyaluran kredit,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Bandoe juga menyebut dana pihak ketiga (DPK) juga mengalami kondisi serupa. Dari data yang dihimpun, angka DPK hingga saat ini hanya tumbuh satu digit. Atau mengalami penurunan jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang bisa tumbuh mencapai 14 persen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge