0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rawan Kebakaran, Damkar: Jangan Bakar Sampah Sembarangan

Kepala Dinas Damkar Solo Gatot Sutanto (dok.tumlo.net/indira jayendra iswari )

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo mewaspadai kebakaran lahan yang kerap terjadi di wilayah Kota Bengawan. Bahkan, pada Selasa (1/8) kemarin tercatat dua kebakaran lahan terjadi di Kawasan Semanggi, Pasar Kliwon dan Banyuanyar, Banjarsari.

“Cuaca yang kering dan hembusan angin yang kencang membuat api dengan cepat merambat,” terang Kepala Dinas Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto, kepada Timlo.net, Rabu (2/8) pagi.

Kebakaran di lahan kosong tersebut, kata Gatot, banyak disebabkan ulah masyarakat yang kerap membakar sampah. Sehingga, merembet dan menyulut lahan kering didekat pembakaran sampah tersebut.

“Bakar sampah boleh, tapi ya ditugguin dong. Jangan ditinggal pergi setelah dibakar. Kalau membesar, kan membuat panik seluruh warga di kawasan tersebut,” jelas Gatot.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman kebakaran. Apalagi, musim kemarau saat ini yang membuat api dengan cepat muncul.

“Jika tidak penting, jangan nyalakan api. Jika memang membakar sampah, jangan ditinggal tetap diawasi sehingga tidak berakibat fatal,” himbau Gatot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge