0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calhaj Dilarang Bawa Rokok Lebih dari Satu Slop

Calhaj mulai tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali (dok.timlo.net/achmad khalik)

Boyolali —  Petugas Penyelenggara Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Embarkasi Solo masih menemukan calon jamaah haji (Calhaj) yang membawa rokok lebih dari satu slop. Padahal, sesuai ketentuan dari Negara Arab Saudi, maksimal warga negara lain membawa rokok hanya diperbolehkan membawa satu slop atau sekitar 200 biji.

“Bahkan, kemarin ada jamaah haji yang membawa dua hingga tiga slop rokok,” terang Kasubag Humas PPHI Embarkasi Solo, Badrus Salam, kepada Timlo.net, Rabu (2/8) pagi.

Petugas PPIH, kata Badrus, mengetahui sejumlah rokok yang dibawa Calhaj melalui hasil scaning terhadap barang bawaan. Maka dari itu, pihaknya akan lebih ketat dalam menerapkan aturan yang telah ditetapkan bagi para Calhaj saat berada di Tanah Suci.

“Membawa boleh, tapi jangan berlebih. Daripada nanti terjadi hal yang tidak diinginkan di Arab Saudi,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada Calhaj untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Mengingat, Negara Arab Saudi tidak akan segan terhadap Calhaj yang melanggar aturan dengan menerapkan denda yang sangat tinggi.

“Kalau aturan negara sana dituruti, gak ada masalah kok. Masalahnya, jika aturan tersebut dilanggar. Apalagi oleh warga negara lain. Dendanya sangat tinggi sekali,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge