0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishub Akan Gelar Simulasi Lalu Lintas Sebelum Pembangunan Overpass Manahan

Rencana pembangunan Fly Over Manahan (dok.timlo.net/ist)

Solo — Dinas Perhubungan (Dishub) akan mensimulasikan rencana rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan selama pembangunan overpass Manahan. Simulasi diharapkan dapat membiasakan masyarakat dengan pengaturan lalu lintas yang baru.

“Hasil simulasi nanti juga akan menjadi evaluasi buat kita sampai sejauh mana dampak pembangunan overpass terhadap lalu lintas,” kata Kepala Dishub, Hari Prihatno, Selasa (1/8).

Simulasi rencananya dilaksanakan sekitar pertengahan atau akhir bulan Agustus mendatang. Sementara ini, Dishub akan mematangkan skenario rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan.

“Kita juga butuh waktu untuk menyiapkan rambu, perlengkapan, dan lain sebagainya,” kata dia.

Dishub juga akan melihat dampak perubahan lalu lintas selama simulasi. Selama simulasi berlangsung, perubahan pola lalu lintas di masyarakat akan dipantau untuk menjadi bahan evaluasi.

“Misalnya, kita ubah di beberapa titik ternyata dampaknya sampai ke titik lain yang belum kita pikirkan. Nah ini nanti akan jadi bahan kita untuk evaluasi,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dishub menyiapkan rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan selama pembangunan overpass Manahan. Selama pembangunan, perlintasan kereta api sebidang jalan di Manahan akan ditutup sepenuhnya. Untuk itu, Dishub menyiapkan jalur-jalur alternatif bagi pengguna jalan.

“Tadi sudah kita sampaikan kepada Bapak Walikota bagaimana rekayasa lalu lintas selama pembangunan overpass,” kata Hari.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge