0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Ajak Masyarakat Dukung Program 2017 Bebas BABS

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Mubarok (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri mengajak kepedulian masyarakat untuk mendukung program Wonogiri BABS 2017. Pasalnya, saat ini masih ada beberapa wilayah yang dinilai belum bebas dari kebiasaan BAB di sembarang tempat.

“Kami menargetkan pada bulan November 2017, masyarakat Wonogiri sudah sepenuhnya terbebas dari kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan (BABS),” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan( Dinkes) Wonogiri, Mubarok, Selasa (1/8).

Sedang dari hasil audiensi Pemprop Jateng dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo belum lama ini, dimana data terakhir per 31 Juli 2017 menunjukkan bahwa di Wonogiri saat ini hanya tersisa 1. 802 KK yang tersebar di 67 desa pada 12 kecamatan, atau sekitar 0,6 persen dari total 343. 830 KK yang masih BABS.

“Dengan kondisi seperti ini, Wonogiri menempati urutan terbaik kedua di Jateng setelah Grobogan yang telah deklarasi STOP BABS di tahun 2016,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa mengapresiasi hasil kerja keras Dinkes Wonogiri, tenaga kesehatan, sanitarian, camat, kepala desa dan semua pihak yang mendukung percepatan Program Wonogiri bebas BABS 2017. Dia berharap, saat peringatan Hari Kesehatan yang jatuh pada 12 November mendatang, Wonogiri sudah mampu mendeklarasikan Wonogiri bebas BABS.

“Untuk penyelesaian program ini diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 2 Miliar. Sehingga semua harus sinergi, saya menghimbau untuk alokasi dana desa sebagian bisa disalurkan untuk program STBM. Kita juga sudah menggandeng salah satu BUMD Perbankan , untuk kredit pembangunan sanitasi, ada dana BOK Puskesmas, juga bantuan dari masyarakat peduli sanitasi, semua untuk percepatan penyelesaian program ini,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge