0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Banyak Berubah, Revisi Perda Pasar Hanya Perbarui Istilah

Kepala Dinas Pengelola Pasar Kota Solo, Subagyo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Pemerintah Kota Solo akan segera mengajukan Naskah Akademik (NA) Revisi Peraturan Daerah (Perda) Pasar Tradisional. Perda tersebut bakal menggantikan Perda No 1 tahun 2010 tentang Pengeleloaan dan Perlindungan Pasar Tradisional.

“Naskah akademik sudah kita selesaikan. Segera akan kita ajukan ke dewan (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah),” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Selasa (1/8).

Subagyo mengatakan tidak ada perubahan yang mencolok dalam NA yang akan diajukan. Umumnya, perubahan hanya dilakukan kepada istilah yang digunakan dalam perda.

“Kita menyesuaikan dengan istilah yang digunakan pemerintah pusat. misalnya, pasar tradisional disebut dengan pasar rakyat,” kata dia.

Selain sebutan pasar yang diganti, Surat Hak Penempatan (SHP) juga diganti menjadi Surat Ijin Tempat Usaha (SITU). Subagyo menegaskan perubahan tersebut tidak akan banyak berdampak signifikan terhadap pengelolaan pasar.

“Hanya sebutan saja. Kalau disebut ‘hak’ kan seolah-olah itu jadi haknya pedagang. Nah, kita ganti dengan surat ijin tempat usaha. Jadi dia hanya diijinkan saja,” terangnya.

Untuk diketahui, wacana revisi Perda Pasar Tradisional sempat mencuat saat terjadi polemik di Pasar Singosaren. Kalangan legislatif menilai Pasar Singosaren tidak layak disebut pasar tradisional karena komoditas yang dijual di dalamnya tergolong produk-produk terkonologi tinggi. Omsetnya pun bisa melebihi pasar modern. Belakangan, usulan revisi Perda tersebut kembali muncul setelah persemian Pasar Klewer.

“Salah satunya adalah kondisi Pasar Klewer yang bangunannya dilengkapi dengan lift dan eskalator. Belum lagi mengenai omset yang sangat besar menyamai pasar modern. Sehingga, memang harus ada penyesuaian Perda dengan kondisi sekarang,” kata Ketua Komisi III, Honda Hendarto belum lama ini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge