0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juli, Inflasi Kota Solo Turun Menjadi 0,10 Persen

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Angka inflasi kota Solo selama periode Juli 2017 sebesar 0,10 persen.  Apabila dibandingkan dengan periode Ramadan dan Lebaran, angka inflasi tersebut turun cukup drastis atau sekitar 0,77 persen.

“Kalau dibandingkan dengan bulan sebelumnya inflasi kota Solo memang terjadi penurunan yang cukup lumayan. Karena pada Juni itu inflasi kita diangka 0,87persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Selasa (1/7).

Dari 148 komoditas yang mengalami perubahan harga,  Bagus menyebut 97 diantaranya mengalami kenaikan. Sehingga akibatnya, memberikan andil terhadap laju inflasi kota Solo.

Adapun sepuluh komoditas utama penyumbang laju inflasi itu antara lain, angkutan udara, telur ayam ras, pisang, kacang panjang, angkutan antar kota, papaya, air kemasan, kentang, teh dan baju kaos berkerah.

“Angkutan udara memberi andil inflasi paling tinggi, yaitu sekitar 0,40 persen.Kemudian disusul telur ayam ras sebesar 0,07 persen,” jelasnya.

Sementara itu jika dilihat dari kelompok pengeluaran, penyumbang inflasi tertinggi disokong oleh kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yang mencapai 0,43 persen. Sandang dan makanan jadi sebesar 0,03 persen, kemudian disusul pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,02 persen.

Sedangkan untuk komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menghambat laju inflasi diantaranya adalah bawang putih, daging ayam ras, cabai rawit, tomat petai, cabai merah, snack, jagung muda, detergen bubuk dan buah pir.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge