0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terjadi Bencana di Sukoharjo? Adukan ke Sini

BPBDn Sukoharjo meluncurkan aplikasi pengaduan online (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukoharjo meluncurkan aplikasi pengaduan online. Hal ini untuk mempercepat proses penanganan bencana yang terjadi, sehingga bisa meminimalisir jatuhnya korban dan kerugian harta bagi warga yang terdampak.

“Sistem pengaduan online ini baru pertama kali diterapkan di Sukoharjo sebagai bentuk terobosan pemanfaatan teknologi dalam bidang penangulangan bencana. Dengan aplikasi ini masyarakat diharapkan lebih pro aktif dalam melaporkan kejadian bencana alam yang terjadi di daerahnya,” kata Kasi Rahabilitasi dan Rekontruksi, BPBD Sukoharjo, Sarwiji, Selasa (1/8).

Aplikasi ini bida diakses melalui Personal Computer (PC) maupun Ponsel berbasis android di  www.bpbd.sukoharjokab.go.id/sidumas sehingga dinilai sangat efektif untuk mempersingkat proses penanganan jika terjadi bencana. Program ini disosialisasikan kepada seluruh pamong desa se Sukoharjo di kantor ULP Setda Sukoharjo, Selasa (1/8) siang.

Sementara itu untuk potensi bencana di Sukoharjo sendiri masih didominasi banjir di musim penhujan, kebakaran dan angin puting beliung. Selain itu di wilayah selatan Sukoharjo selain kekeringan juga berpotensi terjadi tanah longsor karena merupakan daerah dataran tinggi.

“Penanganan yang dilakukan BPBD mulai dari evakuasi saat terjadi bencana, atau sebelum bencana juga kita adakan pemetaan dan himbauan ekpada masyarakat. selain itu juga pasca benca dengan rehabilitasi dan pemberian bantuan logistik dan biaya untuk memperbaiki rumah yang terkena bencana alam,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge