0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Cara Jamaah Haji Biar Tidak Tersesat di Nabawi

Jamaah haji padati Masjid Nabawi (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net – Ada satu kebiasaan yang sering terjadi di kalangan jamaah Indonesia saat berada di Madinah. Sejumlah kasus dari tahun ke tahun, ada saja jamaah yang tersesat pulang ke pemondokan usai melaksanakan salat di Masjid Nabawi.

Kepala Sektor 4 Daker Madinah Khalilurrahman memberikan beberapa tips agar jemaah tidak tersesat meski jarak pemondokan dengan Masjid Nabawi tidak terlalu jauh. Pertama, ketika berangkat ke masjid jangan perorangan tapi beregu. Terutama jemaah yang sudah lanjut usia, harus ada yang menemani.

“Kedua, perlu solidaritas antar jemaah untuk saling menunggu jika ada yang pergi ke toilet, ke makam untuk ziarah dan ke raudhah,” jelas Khalilurrahman di Madinah, Senin (31/7).

Menurutnya, kebersamaan adalah kunci utama agar jemaah tidak tersesat. Apalagi banyak jemaah Indonesia sudah lanjut usia, rata-rata di atas 60 tahun.

“Bapak ibu semua harus bersama-sama terus,” katanya.

Sementara itu, data sampai dengan Senin sore, sebanyak 21.089 jemaah sudah tiba di Madinah. Mereka tergabung dalam 52 kloter yang diberangkatkan dari Tanah Air sejak 28 Juli 2017. Untuk di sektor 4 sendiri sudah 2.775 jemaah sudah menempati 11 hotel.

[has]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge