0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Bertekad Sukseskan Imunisasi Campak dan Rubella

Anak-anak akan medapatkan imunisasi campak dan rubella (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota Solo meminta semua pihak untuk turut mensukseskan pelaksanaan kampanye imunisasi Measless Rubella. Hal ini dikatakan Wakil Walikota (Wawali) Solo Ahmad Purnomo saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan Imunisasi Measless Rubella di Kelurahan Punggawan, Selasa (1/8).

“Imunisasi ini adalah untuk masa depan anak-anak. Jangan sampai Kota Solo yang sudah menyandang predikat Kota Layak Anak, ternyata didapati ada anak yang terkena penyakit Campak, Rubella, dan lainnya,” terang Wawali Ahmad Purnomo.

Dikatakan, perkembangan kesehatan anak, yang berhubungan dengan imunisasi tidak hanya bergantung pada pemerintah setempat. Melainkan juga keterlibatan masyarakat dalam memberikan pengertian akan bahaya penyakit jika anak tidak di imunisasi.

Ditambahka, di Kota Bengawan tidak ada penolakan terhadap pemberian vaksin imunisasi oleh oknum tertentu. Ahmad mengklaim bahwa semua anak akan mendapatkan injeksi vaksin imunisasi.

“Kalaupun terjadi penolakan, secara pelan-pelan kita minta untuk Camat, Lurah, RW dan RT untuk menyadarkan, memberikan pengertian kepada orang tua akan fungsi imunisasi ini. Saya yakin jika masyarakat mendapatkan informasi yang benar, maka tidak akan ada penolakan,” kata Wawali.

Untuk diketahui bahwa Imunisasi ini dilakukan serentak di Jawa dalam program Kampanye Imunisasi Measles (campak) dan Rubella (MR). Kedua penyakit tersebut merupakan infeksi virus yang menular melalui saluran napas.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, pneumonia, radang otak, kebutaan, bahkan kematian. Sementara rubella berbahaya bila dialami oleh ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge