0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPG 3 Kg Langka di Sragen, Harga Melambung

Tabung LPG 3 Kg (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Sejumlah wilayah di Kabupaten Sragen sudah hampir tiga pekan ini mengalami kelangkaan gas LPG 3 Kg. Bahkan akibat kelangkaan itu juga dibarengi dengan kenaikan harga hingga Rp 20.000/tabung, terutama di wilayah utara Bengawan Solo.
“Sudah hampir sebulan ini, LPG 3 Kg susah di wilayah kami. Kalaupun ada harganya sudah mahal,” ujar Sri Suwarni (37), warga Desa Katelan, Kecamatan Tangen.
Dia menuturkan, kelangkaan tidak hanya terjadi di tingkat pengecer tapi juga di pangkalan, lantaran begitu stok datang langsung diserbu warga yang telah antre. Parahnya, tidak hanya langka, tapi harganya juga ikut naik jadi Rp 20.000.
Hal senada disampaikan Sutarno, warga Dukuh Ngamban, Desa Gawan, Kecamatan Tanon. Sudah lebih dua minggu ini, selain mengalami kelangkaan, harga LPG 3 Kg juga menembus angka Rp 20.000.
Sutarno mengakui, kalau kelangkaan itu lantaran bantak petani yang menggunakan gas melon (sebutan LPG 3 Kg) itu untuk bahan bakar mesin diesel irigasi. Untuk mengairi seperempat hektare sawah, petani biasanya membutuhkan tiga tabung LPG dipakai untuk sehari semalam.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge