0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanamkan Jiwa Nasionalis, Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Gerak Jalan

Pembukaan lomba gerak jalan oleh Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Edwin Apria Candra di Lapangan Kota Barat  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ratusan pelajar Kota Solo mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka rangkaian HUT RI ke-72 dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 di Lapangan Kota Barat, Selasa (1/8) pagi. Gerak jalan tersebut diikuti pelajar mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK atau Sederajat.

“Kalah ataupun menang itu sudah biasa dalam suatu perlombaan, yang penting kita serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perlombaan. Terkait hasil, kita percayakan sepenuhnya kepada tim penilai,” terang Dandim 0735/Surakarta, Letkol inf Edwin Apria Candra memberi semangat pada peserta.

Menurutnya, lomba gerak jalan yang diadakan untuk membangkitkan jiwa kebersamaan dan nasionalisme generasi penerus bangsa. Disamping itu, jiwa sportifitas dalam sebuah perlombaan akan muncul dengan sendirinya jika para peserta mampu mendorong diri hingga ke batas maksimal.

“Apalagi momentumnya Hari Kemerdekaan dan Haornas, tentunya nilai-nilai tersebut wajib ditanamkan sejak dini,” terang Dandim.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Solo, Joni Hari Sumantri mengatakan, kegiatan lomba gerak jalan akan dilaksanakan selama tiga hari. Untuk hari ini, diikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK atau sederajat. Besok, Rabu (2/8) akan diikuti pelajar tingkat SMP/ MTs dan di hari Kamis (3/8) adalah pelajar tingkat SD.

“Dalam kegiatan ini, secara tidak langsung nilai kedisiplinan juga ikut tertanam dalam diri generasi penerus bangsa. Kedepan, kegiatan ini akan dikemas dengan melibatkan tingkat Soloraya,” katanya.

Rute yang ditempuh dalam gerak jalan tersebut, yakni Lapangan Kota Barat menuju Jalan Moewardi ke Selatan sampai simpang Gedengan. Lalu ke timur Jalan Slamet Riyadi sampai  simpang tiga Jalan Iman Bonjol. Ke utara sampai simpang Ramayana Resto Jalan Ronggowarsito. Diteruskan ke Barat sampai ke simpang Atria, ke utara jalan Kartini sampai simpang tiga Polsek Banjarsari ke barat jalan Yosodipuro menuju finish di lapangan Kota Barat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge