0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mantan Petinggi Google Merasa Fotografi Android Kalah dari iPhone

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. (Dok: Timlo.net/ The Inquirer.net)

Timlo.net — Beberapa orang lebih memilih iPhone karena smartphone buatan Apple itu dikatakan menawarkan fitur fotografi yang mumpuni. Produsen smartphone Android berusaha mengejar iPhone dalam hal fitur kamera dan fotografi selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa produsen mengaku jika perangkat Android mereka lebih baik dibandingkan iPhone dalam hal kamera dan fitur fotografi. Tapi rupanya hal yang berbeda dirasakan mantan senior vice president of social Google Vic Gundotra. Dia beranggapan jika perangkat Android ketinggalan beberapa tahun dengan iPhone dalam hal fotografi.

Di akun Facebooknya, Gundotra memuji kualitas kamera iPhone 7 Plus. Dia menulis jika dia meninggalkan kamera profesionalnya di rumah dan memakai iPhone 7 Plus untuk memotret dengan hasil foto yang menakjubkan. Seorang pengikutnya berkomentar jika Samsung Galaxy S8 memiliki kamera yang lebih baik. Tapi Gundotra tidak setuju, “Saya tidak akan pernah menggunakan ponsel Android untuk foto!”

Menurutnya alasan kenapa smartphone Android ketinggalan dalam hal fotografi adalah karena sistem operasi Android. Dia berkata jika inovasi terbesar dalam fotografi tidak terjadi pada tingkat hardware, tapi pada tingkat komputasi fotografi.

Apple tidak memiliki batasan yang sama dengan produsen perangkat Android. Oleh karena itu Apple bisa mengembangkan hardware kamera dan juga software mereka. Hasilnya adalah kinerja imaging yang terbaik. Di sisi lain, produsen Android hanya bisa berinovasi di level hardware. Mereka lalu harus menyakinkan Google untuk berinovasi dalam aplikasi juga. “Hal itu membutuhkan waktu bertahun-tahun,” ujar Gundotra.

Banyak orang tidak setuju dengan pendapat Gundotra. Situs Ubergizmo sendiri menulis jika dari hasil uji coba smartphone kamera terbaik, iPhone hanya menduduki posisi keempat. Posisi pertama diduduki Samsung Galaxy S8.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge