0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puteri Presiden Tanggapi Kontroversi Foto Menyusuinya yang Viral

Aliya Shagieva. (Dok: Timlo.net/ India Today)

Timlo.net—Aliya Shagieva, puteri termuda dari presiden Kyrgyztan menanggapi kontroversi seputar fotonya menyusui puteranya yang menjadi viral di sosial media. Foto yang diambil dari atas itu memperlihatkan Aliya nyaris telanjang saat dia menyusui puteranya, Tagir yang berusia sebulan.

Diunggah di Instagram pada April 2017, foto itu dilengkapi caption: “Saya akan menyusui anak saya kapanpun dan di manapun dia butuh susu.”

Walaupun diunggah beberapa bulan lalu, foto itu menjadi viral baru-baru ini dan menimbulkan kontroversi. Dia diserang di sosial media dan dituduh tidak bermoral. Aliya lantas menghapus foto itu. Dalam wawancara dengan BBC, Aliya berkata sebuah budaya yang terlalu menseksualisasi tubuh wanita yang seharusnya menyebabkan kemarahan dan bukan fotonya.

“Tubuh yang diberikan kepada saya tidaklah vulgar, tapi fungsional,” kata seniman berusia 20 tahun itu.

“Fungsinya adalah memenuhi kebutuhan fisik bayi saya, bukan untuk diseksualisasi,” tambahnya.

“Saat saya menyusui anak saya, saya merasa saya memberikan kepadanya yang terbaik yang saya bisa. Merawat bayi saya dan mencukupi kebutuhannya lebih penting bagi saya dibandingkan apa yang orang katakan tentang saya,” terangnya.

Kyrgyzstan sendiri merupakan bekas bagian republik Soviet. Sekarang negara itu menjadi negara yang secara sosial konservatif. Mayoritas penduduknya beragama Islam. Presiden Kyrgyzstan, Almazbek Atambayev dan istrinya Raisa tidak setuju dengan foto yang diunggah puterinya itu.

“Mereka sangat tidak menyukainya. Dan hal itu bisa dipahami karena generasi muda tidak begitu konservatif dibandingkan orang tua mereka. Ibu saya menerima pesan-pesan dari teman-temannya mengenai saya,” ujar Aliya.

Aliya sendiri dikenal untuk perilaku progresifnya. Dia melahirkan puteranya enam bulan setelah menikah dengan suaminya Konstantin yang berasal dari Rusia. Keduanya vegetarian, di negara yang mayoritas penduduknya suka makan daging.  Aliya sering mengunggah foto-fotonya bersama puteranya di Instagram. Menyusui di depan umum seringkali menjadi perdebatan di seluruh dunia.

Pada Mei 2017, mantan senator Australia Larissa Waters tertangkap kamera menyusui bayinya saat sidang di Parlemen. Berbeda dengan Aliya, Larissa justru memperoleh pujian dari masyarakat di sana. “Sejujurnya hal ini konyol, jika menyusui bayi bisa menjadi berita internasional,” ujar Larissa saat itu.

Larissa berkata: “Wanita sudah menyusui sejak lama. Saya tidak hanya berharap saya bisa menyusui bayi saya tapi mengirim pesan untuk para wanita muda jika mereka diterima di parlemen.”

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge