0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hati-Hati, Saat Ini Banyak Hantu Birokrasi

Ketua STIE AUB Surakarta, Agus Utomo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pakar Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) Surakarta, Agus Utomo mengemukakan, saat ini banyak hantu birokrasi telah menurunkan derajat kepercayaan masyarakat pada elite birokrasi dan wakil masyarakat, termasuk pada hukum yang mengatur pada tertibnya kehidupan sosial.

“Hal ini terjadi karena salah kelola pemerintahan yang masih dicengkeram praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” ungkap Agus Utomo yang juga Ketua STIE AUB Surakarta kepada wartawan, Selasa (1/8).

Ia mengemukakan hal itu terkait akan digelarnya Seminar Nasional dengan tema Sistem Kendali Kecurangan (SIKENCUR) Menata Birokrasi Bebas Korupsi yang dijadwalkan berlangsung 12 Agustus 2017 di Kampus STIE AUB Surakarta.

Dengan kata lain, menurut Agus, krisis multidimensi yang terjadi di Indonesia, khususnya dalam perspektif administrasi publik dan administrasi negara. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan  kelola dalam penyelenggaraan tata pemerintahan dan KKN masih menjadi bagian dari pengelolaan anggaran.

“Birokrat perlu berfikir di luar rutinitas, membangun berbagai regulasi, memodernkan berbagai kebijakan dan praktek manajemen,” ujarnya.

Menurutnya, sebetulnya masyarakat Indonesia saat ini masih  memimpikan terjadinya pemerintah yang bersih dan kualitas Pemerintahan yang baik. “Untuk merealisasikan hal itu pemerintah harus melakukan reformasi pemerintahan dengan melakukan penataan ulang birokrasi, juga harus berani melakukan terobosan baru secara bertahap dan konkret, realistis, dan sungguh-sungguh,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge