0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Uji Coba Lima Hari Sekolah, Siswa Senang

(dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Masa uji coba program lima hari sekolah sudah diimplementasikan hampir seluruh SMK di Wonogiri, sejak dimulainya tahun ajaran baru 2017/2018 pekan lalu. Sejumlah siswa SMK tidak ambil pusing memikirkan adanya program baru tersebut, bahkan mereka mengaku senang lantaran libur mereka bertambah.

“Kan liburnya bertambah, yang biasanya hanya Minggu kini Sabtu sudah libur,” ungkap Hendrik (17), salah satu siswa SMK swasta di Wonogiri, Selasa(25/7).

Soal bertambahnya jam belajar mengajar, ia menyebut tidak masalah, walaupun dirinya harus pulang lebih sore. Tidak seperti sebelum diterapkan lima hari sekolah, yang biasanya pukul 14.00 WIB ia sudah sampai rumah.

“Tidak apa-apa, toh di rumah juga tidak ada kerjaan, selain itu saya pulang pergi ke sekolah naik sepeda motor, jadi tidak ada kendala soal transportasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Wonoigiri, Suwandi mengatakan, progrqm lima hari sekolah yang diterapkan di Wonogiri saat ini hanyalah tahap uji coba. Hal itu dilakukan sambil menunggu diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang sedianyanya menggantikan Permendikbud No 23/2017 tentang Hari Sekolah. Sedang di Wonogiri sendiri ada 46 SMK, yang terdiri dari delapan SMK negeri dan 38 SMK swasta.

“Jamnya ditambah, sekolah Senin-Kamis dimulai pukul 07.00 WIB-15.30 WIB. Sedangkan Jumat dimulai pukul 07.00 WIB-15.00 WIB,” ungkap Kepala SMKN 2 Wonogiri ini.

Disampaikan, masing-masing sekolah pada pokoknya sama, yakni pelajaran pada Sabtu dilaksanakan Senin-Jumat. Tak hanya SMK negeri saja, namun SMK swasta pun turut menerapkan sistem lima hari sekolah.

“Untuk kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai kebijakan sekolah masing-masing pada Senin-Jumat sore hari. Khusus ekstrakurikuler wajib, yakni Pramuka bagi kelas X dapat dilaksanakan Sabtu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge