0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Konsumsi Listrik Cenderung Turun

Manager Area PLN Solo, Leonardo Buntoro (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Tingkat konsumsi listrik di area Soloraya selama periode Lebaran diprediksi turun drastis. Hal itu dipengaruhi karena banyak perusahaan atau industri yang berhenti beroperasi lantaran masa cuti Lebaran,

“Kalau secara total untuk konsumsi listrik saat beban puncak pasti turun. Hanya saja untuk pelanggan rumah tangga pada daerah-daerah tertentu biasanya akan terjadi lonjakan seiring dengan banyak pemudik saat Lebaran,” ujar Manager PT PLN Area Solo, Leonardo Buntoro kepada wartawan, Selasa (20/6).

Dirinya menyebut, untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi pada pelanggan rumah tangga tersebut PLN sudah melakukan persiapan. Yaitu melalui penyediaan material yang dibutuhkan dan petugas yang selalu stanby selama 24 jam.

“Untuk daerah-daerah yang berpotensi mengalami kenaikan jumlah konsumsi, setiap rayon sudah kita sedikan dua trafo cadangan dan material penunjang yang lain. Sehingga saat nanti panas atau diperlukan penggantian pada dasarnya kita sudah siap,” jelasnya.

Leonardo menyebut, lonjakan konsumsi untuk pelanggan rumah tangga diprediksi akan terjadi kenaikan sekitar 20-30 persen jika dibanding kondisi normal. Khususnya adalah daerah yang menjadi tujuan mudik, seperti Wonogiri, Sragen dan yang lain.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge