0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Kecele, Layanan Kependudukan Tutup Selama Libur Lebaran

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Solo – Layanan administrasi kependudukan di Solo tutup selama libur lebaran. Pelayanan tidak aktif mulai 23 Juni hingga 3 Juli. Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan untuk perawatan server data kependudukan.

“Dari pusat ada perawatan server data. Kita buka layanan pun juga tidak bisa mengakses server pusat,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Ing Ramto, Selasa (20/6).

Ditutupnya layanan kependudukan selama libur lebaran ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun 2016 lalu, Dispendukcapil tetap membuka layanan selama libur lebaran. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya pemudik yang memanfaatkan momen lebaran untuk mengurus administrasi kependudukan selagi pulang kampung.

“Tahun-tahun kemarin selalu kita buka karena memang banyak pemegang KTP Solo yang tinggal di luar kota yang mau mengurus administrasi,” kata dia.

Ia menerangkan, perawatan akan dilakukan untuk konsolidasi data kependudukan. Selama ini, banyak data yang tidak sesuai maupun data ganda dalam basis data kependudukan di server pusat. Hal itu menyebabkan warga yang bersangkutan tidak bisa mendapatkan layanan kependudukan.

“Kalau tidak segera ditata, warga yang data kependudukannya bermasalah tidak bisa mengurus administrasi,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge