0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok dan Harga Bahan Pokok Dijamin Aman Selama Lebaran

Eva Yuliana (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kementerian Perdagangan menjamin stok dan harga bahan pokok hingga lebaran di Provinsi Jawa Tengah relatif masih aman. Hal ini dipengruhi adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat  yang sudah mulai menerima berbagai farian produk pertanian untuk dikonsumsi.

“Pantauan kami di Provinsi Jawa Tengah masih aman hingga lebaran nanti jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan adanya lonjakan harga yang signifikan. Kita sudah keliling Jawa Tengah dan mendapati masyarakatnya mulai mau menerima produk-produk yang bukan kebiasan mereka konsumsi,” kata Staf Khusus Menteri Perdagangan, Eva Yuliana, Selasa (20/6).

Salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Jawa tengah adalah bawang putih, dan selama ini diketahui jenis bawang putih kating menjadi pilihan utama masyarakat. Namun dalam beberapa periode, masyarakat sudah mulai menerima bawang selain jenis Kating sehingga dapat mengurangi lonjakan kebutuhan bawang kating di masyarakat.

Pasalnya, bawang kating waktu panennya berbeda dengan bawang jenis lain, sehingga saat stok di apsar menipis bisa diisi jenis lain karena sudah waktunya panen. Namun demikian, diakui Eva, untuk saat ini masih melakukan import bawang putih dari China, akrena kemampuan produksi tidak bisa mengkaver kebutuham masyarakat.

“Kalau prosentasenya tidak bisa saya sebutkan, namun yang jelas kita masih import dari China untuk memenuhi kebutuhan bawang putih di masyarakat. dan ke depan kita membuat komitmen dengan Menteri Pertanian untuk menanam bawang putih dengan farietas selain kating,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge