0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Protes PPDB SMA/SMK, Bambang Gelar Aksi di DPRD

Bambang Saptono menggelar aksi di depan Kantor DPRD Kota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Aktivis Kota Bengawan, Bambang Saptono kembali menggelar aksi di depan Kantor DPRD Kota Solo, Senin (19/6). Aksi tersebut dilancarkan guna mengkritisi Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Nomor 9 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/ SMK yang menjadi polemik karena batas minimal kuota siwa miskin (Gakin) 20 persen tanpa disertai batasan maksimal sehingga menimbulkan banyak siswa bernilai unggul tergeser peserta Gakin.

“Saya masih sama tuntutannya yakni tidak adanya batasan maksimal kuota Gakin pada Pergub tentang PPDB online,” kata Bambang.

Menurut Bambang, banyak siswa yang berprestasi namun tidak bisa mendapatkan sekolah favorit, lantaran sudah ditempai oleh siswa Gakin.

“Saya bukan mempermasalahkan Gakinnya. Tetapi jumlah kuotanya. Apalagi juga banyak yang mungkin memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang tidak sesuai kriteria,” imbuh dia.

Dalam aksi tersebut, ia ditemui Wakil Ketua DPRD Solo Umar Hasyim. Umar mengatakan, pihaknya akan mencermati permasalahan ini dan berjanji untuk mengawalnya hingga ke Kementerian Pendidikan.

“Kita juga prihatin ya, permasalahan ini membuat keresahan di masyarakat. Tapi kami janji akan lakukan pengawalan terhadap aspirasi ini,” kata Umar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge