0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menhub: Tidak Memiliki Stiker Ramp Check, Bus Jangan Beroperasi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (merdeka.com)

Timlo.net — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelabuhan Makassar untuk mengecek persiapan mudik Lebaran Tahun 2017, Sabtu (17/6). Sebelumnya peninjauan yang sama juga dilakukannya di pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur dan akan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Banyuwangi, Jawa Timur.

Didampingi Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama PT Pelindi IV, Doso Agung, Menhub Budi mengitari fasilitas di dalam terminal penumpang Anging Mammiri antara lain fasilitas toilet, CCTV, ruang menyusui dan musala. Usia mengecek fasilitas tersebut, dilanjutkan dengan apel siaga kesiapan angkutan laut Lebaran 1438 Hijriah.

Menhub Budi mengingatkan keselamatan terhadap seluruh armada angkutan umum.

“Ramp Check bukan hanya di laut tapi juga di udara dan darat. Pesan saya ke pak gubernur mengenai bus-bus pengangkut kalau ada yang tidak memiliki stiker tanda ramp check, jangan sampai beroperasi. Dan kepada masyarakat juga jangan menggunakan armada angkutan yang tidak menggunakan atau tidak memiliki ramp check,” kata Budi.

Selain ramp check ini, Menhub Budi juga mengingatkan kepada pihak terkait untuk senantiasa berkoordinasi secara intensif dengan seluruh stake holder serta melakukan pembagian tugas dan peran antar lintas sektoral demi menyukseskan pelaksanaan mudik Lebaran 2017 ini.

Lebih jauh dijelaskan, untuk memudahkan dan mempercepat penanganan angkutan Lebaran, pihaknya bekerja sama dengan Korlantas dalam melakukan pemantauan pelaksanaan angkutan Lebaran melalui sistem informatika dan komunikasi.

“Juga ada pengerahan personel gabungan sebanyak 167.146 personel yang berasal dari Polri, TNI, Dishub, Dinkes, Satpol PP, Pramuka dan unsur lainnya,” ujar Budi.

Pihaknya juga menyiapkan kuota program mudik gratis bekerja sama dengan BUMN atau mitra kerja sebanyak 296.942 orang yang diharapkan akan menurunkan tingkat kecelakaan di masa angkutan Lebaran.

Dia melanjutkan, adapun mengenai jumlah pemudik untuk musim Lebaran tahun 2017 ini secara nasional diperkirakan mencapai 19 juta orang atau mengalami kenaikan sebesar 4,85 persen dari jumlah pemudik tahun 2016 yang berjumlah 18,16 juta orang.

Khusus di Makassar, lanjut dia, jumlah pemudik khususnya di pelabuhan di Makassar diperkirakan akan mengalami kenaikan jumlah penumpang dibanding masa angkutan Lebaran tahun 2016 sebanyak 5 persen. Yaitu penumpang naik dari pelabuhan Makassar sebanyak 65.768 pemudik lebih tinggi dibanding tahun lalu sebanyak 62.636 pemudik. Dan pemudik turun di pelabuhan Makassar tahun ini diperkirakan sebanyak 59.099 pemudik atau sedikit lebih banyak dari tahun sebelumnya yang sebanyak 57.285 pemudik.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge