0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baznas Salurkan Zakat untuk Pegawai Honorer dan Pedagang Kecil

Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno menyerahkan zakat kepada Unit Pemungut Zakat (UPZ) (foto: Agung)

Sragen – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sragen memberikan modal untuk para pedagang kecil dan insentif pegawai honorer. Dengan pentasarufan modal ini diharapkan mereka nantinya mampu membayar zakat sendiri.

”Mereka yang sudah mampu usaha diharapkan menjadi muzaki, orang memberikan zakat,” kata Ketua Baznas Sragen, Mahmudi, Jumat (16/6).

Dalam pentasarufan zakat di Ruang Sukowati Setda Sragen, Mahmudi menyampaikan, Baznas Kabupaten Sragen tahun ini berhasil mengumpulkan zakat dan infak sebesar Rp 5,172 miliar yang dihimpun dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dana ini dikurangi untuk amil sebesar 10 persen. Sedangkan pentasarufan yang disalurkan untuk kali ini sebesar Rp 383 juta.

”Ini untuk Unit Pengumpul zakat, ormas islam, per ormas mendapat Rp 30 juta,” terangnya.

Menurut Mahmudi, Baznas juga memberikan untuk pekerja honorer 1.500 orang sebesar Rp 150 juta. Sementara untuk pedagang kecil sendiri yang jumlahnya mencapai 200 orang, bantuan modal yang diberikan sebesar Rp 3 juta setiap orang.

Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno menilai pentasarufan zakat dari Baznas memang kurang maksimal jika dilihat dari jumlah ASN di Pemkab Sragen.

Untuk itu pihaknya sudah menyurati kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera melakukan pendataan ulang ASN di lingkungan masing-masing. Dia juga meminta Unit Pemungut Zakat (UPZ) untuk lebih aktif.

”Saya minta juga UPZ untuk lebih aktif, tidak hanya menerima, namun mau memungut,” kata Dedy.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge