0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah 5 Perilaku Browsing Smartphone Para Wanita di Indonesia

Opera. (Dok: Timlo.net/ softpacket.net. )

Timlo.net—Pada April 2017, Opera melakukan survei “Mobile Browser Satisfactory Index” di Indonesia. Tujuan survei itu untuk mengetahui lebih dalam tentang perilaku browsing pengguna smartphone di Indonesia termasuk penggunaan internet. Survei itu dilakukan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar, melibatkan lebih dari 420 responden dengan rentang usia dari 18 hingga 25 tahun.

Yang menarik adalah perilaku para wanita Indonesia menunjukkan jika mereka tidak kalah dengan pria dalam memahami teknologi. Berikut ini beberapa perilaku mereka:

1. Menggunakan browser seluler sesering pria

Hasil survei menunjukkan jika 60 persen responden wanita mengakses browser pada smartphone mereka lebih dari 8 kali sehari. Ada berbagai aktivitas online yang mereka lakukan. Tingginya frekuensi penggunaan browser ini mirip dengan hasil responden pria.

2. Suka belanja online dengan browser seluler

Ada beberapa aktivitas yang dilakukan wanita saat browsing: mencari informasi, membaca berita dan mengakses sosial media. Tapi salah satu pembeda antara aktivitas pria dan wanita adalah belanja online. Sebanyak 37 persen wanita suka belanja online dari browser di smartphone mereka. Sementara itu hanya 34 persen pria yang melakukan hal ini.

3. Tidak suka browser bawaan/ default

Pria biasanya tidak suka browser bawaan atau default dalam smartphone atau komputer. Terutama jika browser itu berbeda dengan browser favorit mereka. Ternyata hal yang sama juga dirasakan oleh para wanita Indonesia. Mereka juga memilih menggunakan browser pihak ketiga dibandingkan browser bawaan. Hasil survei Opera menunjukkan jika hanya 1 dari 10 pengguna smartphone yang menggunakan peramban bawaan.

4. Gemar beli paket kuota besar

Ternyata paket data yang dibeli wanita lebih besar dibandingkan pria. Dalam survei itu terungkap jika 50 % wanita membeli paket data 5GB atau lebih setiap bulannya. Sementara itu, hanya 47% pria yang melakukan hal yang sama. Tidak hanya itu, 23 persen wanita dalam survei bahkan membeli kuota 10GB atau lebih. Sementara itu, hanya 22% pria yang melakukan hal yang sama.

5. Ingin fitur yang bermanfaat

Para wanita juga ingin peramban seluler mereka dilengkapi dengan fitur yang bermanfaat. Apa fitur yang paling diinginkan pria dan wanita Indonesia? Jawabannya adalah penghemat data dan pemblokir iklan (ad-block).

Menurut survei, pria dan wanita Indonesia ingin menghemat data saat browsing. Oleh karena itu mereka mencari browser dengan teknologi ini. Pengguna Indonesia juga tidak suka dengan iklan yang menutupi layar smartphone. Untuk mengatasinya, mereka mencari fitur pemblokir iklan (ad-block). Fitur lain yang dicari wanita adalah akses langsung ke situs e-commerce, penggunaan mode offline dan newsfeed.

Sumber: Opera.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge