0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuota PTSL 2017 Bertambah, Ini Langkah ATR BPN

Wonogiri — Kuota Pensertifikatan Tanah Lengkap Sistematis (PTSL) di Wonogiri tahun ini bertambah. Lantaran hal itu, Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Wonogiri aktif melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan desa-desa.

“Suka tidak suka kuota PTSL yang sudah menjadi jatah ATR BPN Wonogiri tersebut harus rampung dan habis tahun ini,” tutur Kepala ATR BPN Wonogiri, Cahyono, Kamis (15/6).

Menurut dia, kuota PTSL atau sebelumnya disebut Prona untuk Wonogiri semula ditetapkan sebanyak 6.750 bidang. Seiring waktu berjalan ada penambahan, dan belum lama ini pemerintah pusat memberikan penambahan kuota sebanyak 3.000 bidang.

Sehingga total keseluruhan kuota PTLS untuk Wonogiri menjadi 9750 bidang. Namun demikian, kuota terdahulu sebelum ada penambahan beber Cahyono dimana pada angka 6.750 bidang hingga saat ini sudah rampung sekitar 50 persen atau sekitar 3.000 bidang yang sudah bersertifikat.

“Makanya, kita saat ini masih terus koordinasi dengan desa di Wonogiri, agar mereka cepat-cepat melakukan pengajuan PTSL , ya dengan harapan target kita bisa terpenuhi, ” kata dia.

Ditambahkan, bidang tanah selalu mengalami penambahan atau perkembangan. Dimana bidang tanah yang tidak digarap kemudian mengalami perkembangan. Dia mencontohkan, semisal tanah warisan yang dimiliki beberapa ahli waris. Selanjutnya, kata Cahyono, kemudian dipecah menjadi beberapa bagian, otomatis jumlah bidang tanah itu akan mengalami penambahan.

“Kita berharap program ini semua berjalan lancar,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge