0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ungkapan Linguistis Hantar Dosen Univ Gunadarma Raih Doktor UNS

suparto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Ungkapan Linguistis menghantar Suparto, dosen Universitas Gunadarma Jakarta meraih gelar doktor ke 279 Universitas Sebelas Maret (UNS), setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian doktor di Kampus UNS, Solo, Kamis (15/6). Dalam ujian doktor tersebut, ia mendapat nilai 3,84 dengan Predikat Sangat Memuaskan.

“Berdasarkan penelitian ungkapan linguistis metaforis visual bahasa Indonesia dari perspektif semantik kognitif membuktikan bahwa sesuatu yang secara visual nampak berperan penting terhadap pengayaan berbahasa,” jelas Suparto saat menyimpulkan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr Furqon Hidayatullah, MPd.

Suparto mengatakan penghayatan penutur bahasa terhadap hakikat primordial anggota badan yang membentuk struktur tubuh menjadi ilham awal untuk menjadikan segala yang nampak bermakna melampaui makna obyektif-formalnya.

Menurut dia, kebermaknaan makna kebahasan suatu konsep dipengaruhi oleh pengalaman terjadi.

“Uraian ini seolah menjadi bukti bahwa pikiran manusia termasuk didalamnya  bahasa tidak dapat dikaji secara terpisah dari penjasadian manusia.

Sementara itu, disertasi yang dipertahankan Suparto dalam ujian doktor berjudul Ungkapan Linguistis Metaforis Bahasa Indonesia Dari Visual ke Kognisi (Perspektif Semantik Kognitif).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge