0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mudik Lebaran, BPJS Kesehatan Permudah Layanan Prosedur Bagi Peserta

Layanan di Kantor BPJS Kesehatan Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan permudah prosedur pelayanan bagi para peserta yang melakukan mudik saat Lebaran. Pasalnya, mereka yang akan berobat tidak perlu melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

“Prosedurnya lebih sederhana, yaitu peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Solo, Agus Purwono kepada wartawan, Kamis (15/6).

Menurutnya, kebijakan penyederhanaan prosedur tersebut berlaku pada 19 Juni hingga 2 juli 2017. Pemilihan tanggal itu mempertimbangkan puncak arus mudik dan balik masyarakat saat Lebaran.

Kendati demikian, Agus menyampaikan kebijakan itu hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik saat Lebaran. Sementara bagi mereka yang tidak melakukan mudik masih menggunakan prosedur seperti biasa yaitu, melalui rujukan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Oleh karena itu,kita menghimbau kepada para peserta yang ingin melakukan mudik supaya selalu membawa kartu JKN-KIS dan memastikan telah membayar iuran supaya status kepesertaanya aktif,” jelasnya.

Selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, pihaknya juga menegaskan bahwa fasilitas kesehatan tidak diperkenankan untuk menarik iuran dari peserta.

Sementara itu, Humas dari Rumah Sakit Karima Utama, Nining Tri dalam kesempatan yang sama menyampaikan, selama masa mudik Lebaran rumah sakitnya sudah siap untuk melayani lonjakan pasien.

“Untuk mengantisipasi lonjakan pasien saat Lebaran, kita sudah melakukan koordinasi internal. Bahkan selalu ada dokter yang siaga selama 24 jam. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang diberikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge