0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perkuat Pasar Domestik, Himki Soloraya Bentuk Rumah Promosi

Dirjen IKM Kemenperin saat meresmikan rumah promosi Kimkas (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Soloraya siap menjadi pelopor untuk melakukan penetrasi pasar domestik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan rumah promosi Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Soloraya (Kimkas).

“Dalam showroom atau rumah promosi ini ada sekitar 40 perusahaan yang terlibat. Dan kedepan tidak menutup kemungkinan bisa terus bertambah,” ujar Ketua DPD Himki Soloraya, Adi Dharma S kepada wartawan, Kamis (15/6).

Berlokasi dilantai dua The Park Mall, showroom dengan luas sekitar 350 meter persegi tersebut, menurutnya barang yang dipamerkan sudah dilakukan seleksi cukup ketat. Sehingga barang-barang yang dihadirkan tidak perlu lagi diragukan kualitasnya.

“Tidak hanya barangnya yang berkualitas, dari sisi harga kita juga sangat kompetitif. Karena tujuan kita dengan adanya showroom ini selain ingin menjadikannya sebagai tempat tujuan bagi pelancong, juga diharapkan dapat menarik buyer dari luar negeri,” jelasnya.

Sementara itu,  Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam kesematan yang sama menyampaikan, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh DPD Himki Soloraya.Pasalnya, dengan adanya showroom tersebut dapat membantu meningkatkan promosi dan melakukan penetrasi pasar dalam negeri.

“Saat ini komposisi pasar yag sudah dimanfaatkan pelaku usaha kita lebih besar ekspor. Untuk pasar domestic baru sekitar 30 persen, oleh karena itu kita melihat melalui showroom ini bisa membantu mendongkrak kontribusi dalam pasar domestic,” terangnya.

Untuk dapat membantu meningkatkan daya saing itu, Gati juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak perbankan. Dengan tujuan mereka bisa membantu memberikan pembiayaan kepada para pelaku IKM dalam negeri yang kesulitan modal.

“Sudah ada beberapa perbankan yang tertarik untuk membantu pembiayaan para IKM mebel. Antara lain BNI, BRI, BTN dan Lainnya,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge