0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Startup Ini Hanya Pekerjakan Pegawai Usia 55 Tahun ke Atas

Everyoung. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Sebuah perusahaan teknologi Korea Selatan yang berkembang membuat pernyataan berani. Mereka berkata jika mereka hanya memperkerjakan para pegawai berusia 55 tahun ke atas. Perusahaan itu, EverYoung, didirikan oleh Chung Eun-sung pada 2013 dan semenjak itu memiliki para pegawai manula. Keputusan ini diambil sebagai langkah konkret dan praktis Chung untuk melawan diskriminasi di dunia kerja.

“Dengan menggabungkan komunitas baru para senior, senior tidak hanya bisa menemukan vitalitas dan makna dalam hidup mereka tapi juga mengatasi rasa kesepian yang muncul di dalam hati dan tetap menjaga kebanggaan mereka. Inilah arti dan tujuan dari proyek ini,” kata Chung.

EverYoung berfungsi sebagai firma pengawas konten. Para pegawai dilatih untuk menjelajahi Naver, mesin pencari buatan Korea Selatan. Mereka melacak platform blogging dan melakukan sensor.

Para pegawai bekerja dalam durasi empat jam per shift. Setiap 50 menit sekali mereka diwajibkan untuk istirahat selama 10 menit. Waktu istirahat ini bisa digunakan untuk makan, bersantai dan bahkan mengecek tekanan darah lewat peralatan yang disediakan perusahaan.

“Kami ingin menemukan sebuah cara untuk membuat para lansia ini berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi,” ujar seorang manajer, Kim Seong-Kyu.

“Mereka penuh semangat. Waktu yang mereka miliki dan minat mereka terhadap pekerjaan ini, adalah alasan utama kenapa mereka datang bekerja,” tambah sang manajer.

Kim menambahkan para pegawai ini menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap detil. Hal ini sangat dibutuhkan perusahaan. Sejauh ini, ada 420 pegawai berusia 55 tahun ke atas di perusahaan.

Seorang pegawai berusia 83 tahun berkata, “Saya mencoba untuk mengejar ketinggalan waktu dan saya bersemangat untuk belajar keterampilan baru lagi. Saya sudah belajar banyak keterampilan IT baru di sini dan menyukai datang bekerja setiap pagi karenanya.”

Menurut survei pemerintah baru-baru ini, 82 persen pegawai berusia 20 hingga 50 tahun berpikir mereka dipaksa untuk pensiun awal. Dengan kata lain, mereka kehilangan pekerjaan sebelum memasuki usia pensiun resmi, 60 tahun. Sementara warga Korea Selatan yang tua mencoba tetap sehat supaya bisa terus bekerja, anak-anak muda yang belum bekerja menahan lapar untuk menghemat uang.

Sumber: nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge