0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB, SMA Negeri di Solo Diserbu Siswa Gakin

Kepala SMAN 4 Solo, M Thoyibun (dok.timlo.net/ist)

Solo — Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Solo diserbu siswa dari keluarga miskin (Gakin) pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017. Bahkan di beberapa sekolah, ada yang melebihi kuota minimal 20 persen seperti yang ditetapkan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah.

“Pendaftar Gakin memang banyak sekali. Apalagi memang tidak ada batasan maksimal. Kami tidak bisa menolak. Bahkan siswa Gakin harus menjadi prioritas dan rankingnya ditempatkan di atas,” ungkap Kepala SMAN 4 Solo, M Thoyibun kepada wartawan, di Solo, Rabu (14/6).

Thoyibun mengungkapkan, daya tampung SMAN 4 Solo tahun ini sebanyak 224 siswa. Sementara Rabu (14/6) hingga pukul 11.00 WIB, tercatat pendaftar siswa Gakin untuk Jurusan IPA sebanyak 90 siswa, dan Jurusan IPS siswa 41 orang.

Dijelaskan, syarat untuk siswa Gakin selain nilai Ujian Nasional (UN) minima 24,00 dan nilai rata-rata 6,00, cukup melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Hal senada dikatakan Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih. Ia mengakui cukup banyak siswa Gakin yang mendaftarkan diri ke SMAN 1 Solo. Hingga Rabu (14/6), persentase siswa Gakin yang mendaftar sudah sekitar 20 persen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge