0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA Muh PK Gelar Pekan Ilmiah Ramadan

Pekan Ilmiah Ramadan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —¬†Siswa kelas X SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Surakarta mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Ramadan, Selasa (13/6) dan Rabu (14/6) di Kampus 3 Perguruan Muhammadiyah Kotabarat Surakarta. Kegiatan ini bertajuk Ramadan bulan Berkarya.

“Kegiatan ini dirancang selain untuk memberikan pengetahuan ilmiah pada siswa, juga untuk membentuk karakter pada siswa,” ungkap guru pembimbing Ganda Setya Gunawan kepada wartawan, di sela-sela kegiatan, Rabu (14/6).

Pembentukan karakter ini, menurut Ganda, didapat karena setiap skema kegiatan dilaksanakan sepenuhnya oleh siswa. Mulai dari persiapan tempat sampai MC (pembawa acara) kegiatan semua dilakukan siswa. Hal ini akan membentuk karakter gigih dan percaya diri pada siswa.

Sesi pertama Pekan Ilmiah Ramadan diisi dengan kajian tematik dalam bentuk seminar. Kajian yang mengangkat tema Puasa ditinjau dari multi perspektif, menghadirkan tokoh muda Mukhtar Hanafi yang membedah puasa dari sisi kesehatan, serta Subuha Pilar yang membedah fungsi puasa ditinjau dari kehidupan masyarakat.

“Inti kajian ini, ingin memberikan pemahaman yang utuh pada siswa tentang fungsi puasa, selain menyehatkan jasmani juga akan menyehatkan rohani yang akan berdampak pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat,” jelas Ganda.

Serangkaian kegiatan lain dalam Pekan Ilmiah Ramadan ini yang dilakukan siswa antara lain Bakti Sosial pada masyarakat sekitar, pemungutan zakat fitrah, dimana siswa belajar menjadi panitia (amil) zakat, lomba-lomba berbasis kreatifitas seperti pembuatan kartu ucapan kreatif, Islamic story telling, madding 3 dimensi dan lain-lain. Sebagai kegiatan puncaknya, siswa mengadakan kegiatan talk show interaktif bersama tokoh-tokoh sukses dalam hal pendidikan.

Salah satu peserta, Najma Zinda mengatakan, dari kegiatan ini, dia menjadi tahu puasa ternyata sebuah proses yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kehidupan masyarakat. Menurutnya, sesudah berpuasa mestinya orang-orang akan menjadi baik dan semakin bertakwa. Dengan demikian, ibadah puasa ini mendidik kita menjadi manusia yang sholeh secara pribadi dan sholeh secara sosial.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge