0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Pria di Thailand Diduga Jalankan Clickfarm Pakai 400 iPhone, 300 Ribu Kartu SIM

Ratusan iPhone yang dipakai ketiga pria. (Dok: Timlo.net/ The Verge. )

Timlo.net—Tiga pria Cina diduga menjalankan clickfarm. Ketiganya ditangkap setelah polisi dan tentara Thailand menggerebek sebuah rumah sewaa di dekat perbatasan Kamboja. Ketiganya bernama Wang Dong, Niu Bang dan Ni Wenjin dikatakan memiliki ratusan iPhone 5S, 5C dan 4S yang dihubungkan dengan monitor komputer. Secara total ada 474 iPhone, 347.200 kartu SIM yang tidak terpakai, 10 komputer/ laptop dan beberapa peralatan elektronik lainnya.

Awalnya polisi dan tentara Thailand menduga ketiganya menjalankan sebuah call center palsu. Tapi mereka bertiga mengaku jika mereka dibayar untuk menjalankan akun-akun bot di WeChat, sosial media terbesar di Cina.

Ketiganya mengaku dibayar sebuah perusahaan Cina, disediakan ratusan smartphone dan dibayar masing-masing 150 ribu baht per bulan (Rp 58,7 juta). Pekerjaan mereka adalah meningkatkan interaksi di WeChat untuk produk-produk yang dijual di Cina. Operasi dilakukan di Thailand karena di negara itu biaya penggunaan smartphone lebih murah.

Masalah bot WeChat bukanlah hal baru. Platform itu memiliki lebih dari 700 juta pengguna setiap bulannya, kebanyakan di Cina. Chatbot secara legal digunakan oleh brand-brand untuk berinteraksi dengan klien. Sementara bot lain biasanya menspamming grup dan meningkatkan like dan follow brand secara tidak alami.

Ketiga pria ini ditahan dengan beberapa dakwaan termasuk visa yang kadaluarsa, bekerja tanpa izin, menggunakan kartu SIM yang tidak terdaftar dan penyelundupan. Bekerja tanpa izin di Thailand bisa dipenjara lima tahun atau didenda antara 2 ribu hingga 100 ribu baht.

Polisi saat ini sedang menyelidiki bagaimana ketiganya bisa menyelundupkan begitu banyak smartphone ke negara itu. Juga bagaimana mereka bisa memperoleh banyak kartu SIM lokal.

Sumber: The Verge.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge