0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IMB Kios Misterius Ternyata Atas Nama Tedjowulan

KGPHPA Tedjowulan (dok.timlo.net/ist)

Solo — Pembangunan 42 kios di Pasar Arcade Cinderamata dipastikan sesuai prosedur. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah diterbitkan sejak 2014 lalu. Namun pemegang IMB sempat mengajukan penundaan pembangunan karena masalah hukum.

“Dulu sempat digugat di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara). Yang bersangkutan lalu mengajukan penundaan,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Toto Amanto, Selasa (13/6).

Toto mengungkapkan, IMB diterbitkan atas nama KGPHPA Tedjowulan tahun 2014 silam. Dalam kondisi normal, masa berlaku IMB hanya satu tahun. Namun karena pemegang IMB kios terebut mengajukan penundaan pembangunan, IMB masih berlaku hingga saat ini.

“Jadi tidak ada masalah,” kata Toto Amanto.

IMB kios-kios itu pun diklaim telah sesuai prosedur. Izin-izin pendahulu dari Balai Pelestari Peninggalan Purbakala (BP3), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan lain sebagainya sudah terpenuhi.

Untuk diketahui, tahun 2014, Lembaga Dewan Adat (LDA) yang digawangi adik-adik Pakubuwana XIII juga sempat mengajukan Izin Mendirikan Bangunan. Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Surakarta waktu itu, Eddy Wirabhumi mengaku pihaknya sempat mengantongi IMB kios baru di lokasi dan tahun yang sama. Namun pihaknya urung membangun.

“Karena dalam setahun tidak saya bangun, tentunya IMB saya sudah kedaluwarsa. Kalau sekarang dibangun, saya juga tidak tahu siapa (yang membangun),” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge