0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Imigrasi Bisa Cabut Paspor Habib Rizieq, Ini Syaratnya

Ilustrasi paspor (merdeka.com)

Timlo.net – Ditjen Imigrasi menunggu langkah polisi mengajukan permohonan pencabutan paspor milik Ketua FPI, Habib Rizieq Syihab. Ada empat wewenang yang dimiliki pihak imigrasi, salah satunya adalah pencabutan paspor Rizieq, sekalipun masih berada di Arab Saudi.

“Kewenangan kami itu bisa dimanfaatkan Polisi kalau mereka mau, pertama pencabutan paspor, pembatalan paspor, penarikan paspor, serta permohonan paspor,” kata Kepala Bagian Dirjen Imigrasi Agung Sampurno, Selasa (13/6).

Dia menjelaskan pencabutan paspor bisa saja dilakukan meskipun Rizieq berada di luar negeri. Sehingga nantinya pimpinan FPI itu menjadi warga ilegal di Arab Saudi.

“Pencabutan paspor bisa kita lakukan meski orang itu di luar negeri, dengan alasan yang bersangkutan telah menjadi tersangka, dampaknya jika ditarik status keimigrasiannya yang bersangkutan menjadi undocument person, itu berati dia bisa ditindak sesuai dengan aturan imigrasi dari negara di mana dia berada berupa penahanan atau deportasi, di situ celahnya,” jelasnya.

Namun, Agung menegaskan, pihaknya tidak bisa sembarangan dan gegabah untuk mencabut paspor seseorang. Pihak Imigrasi hanya tinggal menunggu surat permohonan bantuan dari pihak Kepolisian jika memang penyidik ingin memanfaatkan celah yang ada.

“Sekarang posisinya Polisi belum meminta bantuan surat pencegahan, jadi tinggal penyidik mau apa tidak memanfaatkan kewenangan imigrasi itu,” jelas dia.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge