0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Komentar Etty Retnowati Usai Dilapori Ada Kepala Sekolah Salah Tanda Tangan

Piagam lomba milik FRK yang dinyatakan tidak sah (kiri). Setelah klarifikasi, pihak sekolah penyelenggara lomba mengganti piagam baru (kanan). (foto: Heru)

Solo – Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Etty Retnowati mengaku telah mendapatkan laporan tentang kesalahan tanda tangan yang dilakukan Kepala SMA Negeri 1 Solo, Harminingsih. Namun Etty mengaku belum bertemu kepala sekolah tersebut karena ada keperluan dinas di luar kota.

“Karena saya saat itu di Jakarta ya, ada dinas. Tapi saya telah mendapatkan laporan. Nama saya tapi bukan tandatangan saya. Kalau teman-teman (di Dinas Pendidikan) kan hafal sama tanda tangan saya,” kata Etty Retnowati saat ditemui Timlo.net di SD Negeri 16 Solo, Senin (12/6).

Dirinya mengatakan bahwa akan bertemu dengan pihak SMA Negeri 1 Solo untuk meminta keterangan secara langsung. Dikatakan dirinya masih belum bisa menerangkan apakah hal itu merupakan kekeliruan atau ada unsur lainnya.

“Saya juga belum tau apakah itu kekeliruan atau apa,” tegasnya.

Mengenai apakah piagam itu bisa dikonversikan menjadi poin nilai, Etty merujuk aturan baru Pergub nomor 9 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

“Dilihat dulu pedomannya. Kalau itu yang mengeluarkan piagam SMA Negeri 1 misalnya, dicek ke pedoman itu,” terangnya.

Sebelumnya, Harminingsih mengaku peristiwa salah tanda tangan adalah kesalahan anak-anak didiknya yang menjadi panitia lomba Palang Merah Remaja (PMR) Chreaphoria.

Ia mengklaim, hanya salah menandatangani satu piagam saja, yakni milik FRK, siswa SMP di Solo yang lulus tahun ini. Dia menduga bisa salah, karena pada saat tanda tangan ada dua jenis piagam yang menumpuk di meja kerjanya. Karena pada saat itu (Chreaphoria 2016-red), pihaknya menyelenggarakan beberapa lomba sekaligus dalam satu rangkaian kegiatan.

Untuk lomba inti, panitia menyediakan piagam yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Etty Retnowati. Namun untuk lomba pendamping, pihak penyelenggara menyediakan piagam yang ditandatangani oleh kepala sekolah.

“Chreaphoria itu lomba Palang Merah Remaja (PMR), dalam perlombaan tersebut ada beberapa kriteria lomba, diantaranya adalah lomba inti dan lomba pendamping. Lomba inti yakni lomba yang berhubungan langsung dengan ilmu kepalangmerahan, sedangkan lomba pendamping adalah lomba yang sifatnya hanya untuk memeriahkan lomba saja,” kata Harminingsih.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge