0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dapat Bantuan Nontunai, Keluarga Tak Tahu Cara Ambil Duit

(dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Penyaluran bantuan nontunai program keluarga harapan (PKH) ke keluarga penerima manfaat (KPM) di Karanganyar memunculkan masalah baru. Ternyata, tak sedikit yang bingung cara mencairkan dana menggunakan kartu debet.

“Saya mengambilkan punyae simbah. Dia engga bisa jalan karena kakinya sakit. Ini nunggu dipanggil. Setahu saya mau dapat Rp 500 ribu,” kata Warni, warga Ngelowates, Karanganyar Kota kepada Timlo.net, Senin (12/6).

Wanita ini tak mengetahui uang Rp 500 ribu tidak serta merta bisa diambil tunai. Dalam sistem yang dibangun mitra perbankan, uang hanya bisa diambil melalui gerai ATM. Tentunya tata cara pengambilan menyesuaikan. Ditanya terkait mekanisme itu, Warni kaget.

“Belum pernah pegang namanya kartu ATM. Mau ngambilnya gimana ya, saya bingung,” katanya.

Senada dikatakan Dainah, warga Karanganyar Kota lainnya. Ia betrniat mengambil semua jatahnya pada penyaluran termin pertama tahun ini senilai Rp 500 ribu. Setahu dirinya, uang itu bakal diterima langsung seperti halnya program cash and carry Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Ambil uang di bank saja bingung apalagi pakai ATM,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Karanganyar Agus Heri Bindarto membenarkan sistem penyaluran bantuan nontunai belum familier bagi keluarga miskin. Kebanyakan mengira bantuan itu langsung diterima dalam bentuk uang tunai. Guna mengatasi kesulitan itu, petugas bank mitra pemerintah siap memandu.

“Sebenarnya tidak boleh dipandu orang lain. Tapi demi memudahkan. Lagipula yang memandu orang bank sendiri, bukan orang asing,” katanya. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge