0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Burung Ditemukan di Dalam Batu Berusia 100 Juta Tahun

Anak burung. (Dok: Timlo.net/ Daily Mail.)

Timlo.net—Sebelumnya para peneliti menemukan bunga beracun, bulu dinosaurus, serangga terjebak di dalam batu ambar pra sejarah. Sekarang peneliti menemukan seekor anak burung terjebak dalam batu ambar dengan tubuh yang nyaris utuh.

Anak burung itu ditemukan di Myanmar. Sekitar 100 juta tahun lalu, si anak burung kurang beruntung sehingga jatuh ke kolam getah sebuah pohon jarum. Anak burung itu pun terperangkap selamanya dalam getah yang mengeras menjadi batu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Gondwana Research, tengkorak, leher, sebagian sayap dan kaki belakang masih terbungkus utuh dalam batu ambar itu. Dengan demikian, inilah penemuan burung purba dengan bagian tubuh paling lengkap sejauh ini. Bahkan masih ada jaringan lunak pada ekor dan bulunya.

Para peneliti melaporkan jika burung ini terlihat cukup aneh oleh dunia modern. Hal ini karena sepertinya anak burung itu memiliki bulu coklat pada kaki, telapak kaki dan ekor. Tapi tubuhnya sendiri hanya memiliki bulu sedikit, berbeda dari burung modern.

Sumber: CNET.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge