0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Keluarga Terima Bantuan Nontunai

Penerima bantuan nontunai PKH mengurus administratif pemakaiann kartu debet (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Karanganyar Kota diundang menerima bantuan nontunai senilai Rp 147 juta di halaman kantor Kecamatan Karanganyar Kota, Senin (12/6).

Bantuan serupa juga disalurkan ke 2.006 keluarga di Gondangrejo senilai Rp 1 miliar dan 2.763 keluarga di Mojogedang senilai Rp1,381 miliar.

Kepala Dinas Sosial Karanganyar Agus Heri Bindarto mengatakan, pendataan KPM baru selesai di tiga kecamatan itu. Sedangkan calon penerima di 14 kecamatan lainnya menunggu data by name by address dari Kementerian Sosial dan BNI. Diperkirakan PKM di 17 kecamatan sebanyak 20.868 dengan nilai Rp 10,434 miliar.

“Dulu namanya BLT (bantuan langsung tunai) dicairkan di kantor pos. Setelah diverifikasi ulang, baru tahap pertama dibagikan. Tiap PKM mendapat empat kali pencairan dalam setahun. Masing-masing pencairan maksimal Rp 500 ribu,” katanya.

Penerima Manfaat bisa menggunakan kartu ini untuk kesehatan, pendidikan, Rastra, pupuk, gas, listrik. Nanti melalui kartu ini tunai. Bantuan ini adalah bagian penting dalam strategi perlindungan sosial yang bertujuan mengurangi resiko sosial, meningkatkan kesetaraan, mengurangi kemiskinan dan potensi manfaat jangka panjang perubahan perilaku.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge