0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Ruas Tol Ini Masih Gratis

Tol Cipali (merdeka.com)

Timlo.net — Jasa Marga menyiapkan sekitar 218 kilometer (Km) tol fungsional selama masa mudik dan balik Lebaran 2017. Enam ruas tol berada di Trans Jawa dan satu ruas tol di Trans Sumatera.

Direktur Operasi II PT Jasa Marga Tbk, Subakti Syukur, mengungkapkan enam ruas tol sepanjang 176 Km yang diberlakukan secara fungsional merupakan bagian dari jalur Trans Jawa. Sedangkan, satu ruas tol lainnya merupakan jalur Trans Sumatera, yaitu Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Menurut Subakti, pengguna jalan tol yang menggunakan akses jalan tol fungsional tidak dikenakan tarif alias gratis.

Ruas tol fungsional itu antara lain Semarang-Batang sepanjang 36,45 Km, Bawen-Salatiga 17,57 Km, Solo-Ngawi 65 Km, Ngawi-Kertosono 35,7 Km, Surabaya-Mojokerto 15,5 Km dan Gempol-Pasuruan 6,5 Km.

Sedang untuk Pulau Sumatera adalah Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 41,6 Km, pada segmen Kualanamu-Sei Rampah.

Subakti menegaskan jalan tol fungsional dapat dilalui mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB atau sesuai pengaturan dari kepolisian dengan mempertimbangkan faktor keselamatan perjalanan pengguna jalan tol.

Terkait dengan prediksi Puncak arus mudik, Subakti memperkirakan akan terjadi pada Jumat (23/6) untuk arus mudik, sedangkan arus balik akan terjadi pada Jumat (30/6) atau H+4 Lebaran 2017.

“Bila Lebaran tahun lalu, total volume lalin saat arus mudik yang melintas sekitar 1,49 juta kendaraan, maka pada Lebaran tahun ini diperkirakan akan mencapai 1,57 juta kendaraan atau naik sebesar 5,32 persen melalui GT Cikarang Utama, GT Cibubur Utama dan GT Cikupa,” ujar Subakti.

Terkait peningkatan layanan, Subakti mengakui terus berupaya meningkatkan layanan kepada pengguna jalan tol.

Pertama, melalui integrasi sistem transaksi sejak 2016, sejumlah gerbang tol yang menjadi simpul kemacetan sudah dibongkar seperti di ruas Jakarta-Cikampek, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes Timur.

Tahun ini, perseroan juga mengoperasikan GT Palimanan 3 dan 4 yang sebelumnya hanya GT Palimanan 1.

“Tahun ini kami memberlakukan integrasi Jalan Tol Jakarta-Tangerang dengan Jalan Tol Tangerang-Merak sejak 9 April 2017,” katanya.

Kedua, perseroan menyiapkan kantong parkir (Parking Bay) untuk tempat pemberhentian sementara di lima titik, yaitu empat titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di km 18, km 41 dan km 59 arah Cikampek dan km 34 dan km 58 arah Jakarta serta 1 (satu) Parking Bay di Jalan Tol Palikanci di jm 191 arah Kanci.

“Satu titik parking bay dapat menampung 50 kendaraan golongan 1,” kata Subakti.

[bim]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge