0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Belum Bisa Terapkan 5 Hari Sekolah, Ini Alasannya

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Dapat dipastikan, Pemkab Wonogiri belum bisa menerapkan kebijakan lima hari sekolah dalam waktu dekat ini. Sejumlah kajian mendalam masih perlu dilakukan dengan program tersebut. Bahkan muncul kekhawatiran dari sejumlah kalangan terkait berkurangnya intensitas belajar mengajar di sekolah.
“Bukan soal lima atau enam harinya tapi yang perlu dikaji menurut saya efektivitasnya sejauh mana program itu,”  ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Senin (12/6).
Disampaikan, dalam waktu dekat ini, ia akan segera mengumpulkan pihak terkait, termasuk para pakar pendidikan maupun pengusaha jasa angkutan di daerahnya untuk membahas wacana lima hari sekolah. Pihaknya akan mendengarkan sekaligus melaksanakan apa yang menjadi keputusan bersama.
“Wonogiri tidak bisa disamakan dengan kota-kota besar lainnya. Idealnya, rencana (5 hari sekolah) ini diselenggarakan secara bertahap,” kata Bupati Joko Sutopo.
Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno mengisyaratkan kekhawatiran akan rencana lima hari sekolah tersebut. Ia menilai, di Wonogiri belum saatnya diterapkan aturan baru tersebut.
“Biasanya kan enam hari sekolah, kalau terus diganti lima hari, lalu yang satu hari ini untuk apa. Saya khawatir waktu luang atau libur yang menjadi dua hari ini akan dipergunakan untuk hal-hal yang kurang baik. Kalau dari sudut pandang kami, seharusnya para pelajar di Wonogiri jangan sampai berkurang intensitas pertemuan di sekolah. Dan saya yakin, semakin banyak intensitas belajar mengajar disekolah akan mencegah terjadinya perbuatan yang negatif,” jelas politisi PDIP ini.
Namun demikian, imbuh Setyo Sukarno, pada intinya kalangan DPRD mendukung program pemerintah pusat itu. Ia pun menyarankan agar program ini segera disosialisasikan dan dilakukan observasi yang matang. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan SDM kelulusan.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge