0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Longsor di Empat Ruas Jalur Mudik Ini

Karanganyar — Bahaya longsor mengancam pengguna kendaraan bermotor di emat ruas jalan alternatif mudik di Karanganyar. Empat ruas jalan itu Ganoman-Matesih, jalan tembus Tawangmangu-Sarangan, Jenawi-Sragen dan Banjar Buntung-Karangpandan.

“Bukit Ganoman-Matesih masih sering longsor kecil-kecil. Cukup membahayakan juga jika tiba-tiba tanah bukit ambrol saat lalu lintas ramai pemudik,” kata Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada Timlo.net, Minggu (11/6).

Di jalan tembus Tawangmangu-Sarangan, lokasi longsor tebing di KM 4 sedang digarap pembangunan talud oleh bina marga provinsi Jawa Tengah. Namun belum ada jaminan tebing di sisi lainnya aman. Bebatuan berukuran besar bisa saja ambrol sewaktu-waktu seperti yang sudah terjadi sebelumnya.

“Belum lama ini longsor di KM 4 sampai menutup jalan. Pembersihannya membutuhkan alat berat,” katanya.

Sedangkan di ruas jalan Jenawi-Sragen, ia menunjuk tempat paling rawan longsor masuk Desa Trengguli. Aspal jalan sampai menyembul ke atas akibat terdesak perbukitan labil. Sejumlah rumah di area itu disarankan direlokasi. Bambang mengatakan, jenis pergerakan tapal kuda pada daerah Banjar Buntung-Karangpandan menyebabkan tanahnya bisa ambles sewaktu-waktu. Padahal terdapat ruas jalan vital penghubung antarkecamatan. Empat ruas jalan ini dipastikannya bakal dipadati kendaraan saat arus mudik dan balik lebaran.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge