0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak RPH, Dinas Peternakan: Dagingnya Sehat, Aman dan Halal

Karanganyar – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar memastikan tiga rumah pemotongan hewan (RPH) miliknya menerapkan pola penyembelihan standar dan menghasilkan daging sehat, aman dan halal. Hal itu disampaikan Kepala Disnakkan Karanganyar, Sumijarto kepada wartawan, kemarin.

“Rata-rata delapan ekor dipotong dalam sehari di tiga tempat itu. Yaitu Gondangrejo, Karangpandan dan Karanganyar Kota. Semuanya sapi pedaging jantan. Tidak ada sapi betina. Cara penyembelihannya juga sesuai syariat. Dagingnya sehat, aman dan halal,” katanya.

Sidak dilakukan secara kontinyu untuk memastikan para pejagal melaksanakan aturan pemuliaan hewan ternak sesuai UU No 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sebelumnya, Disnakkan menyampaikan sosialisasi larangan penyembelihan sapi betina kepada para jagal dan peternak. Hadir dalam kesempatan itu drh Slamet dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Ia menyampaikan sapi potong berperan sebagai penghasil daging, sumber pendapatan, sarana investasi, tabungan, fungsi sosial, sumber pupuk,tenaga kerja dan pemanfaatan limbah pertanian.

“Upaya meningkatkan produktivitas dengan melaksanakan kegiatan intensif dan penyelamatan pemotongan ternak ruminansia betina produktif,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge