0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Siswa SD dan SMP di Solo Dapat Kacamata Gratis

Suasana pemeriksaan mata bantuan dari PMI, PMS, dan Lions Club (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Sebanyak 500 anak mengikuti tes kesehatan mata di gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Sabtu (10/6). Para peserta adalah siswa terseleksi dari seluruh SD dan SMP yang ada di Solo.

“Sebelumnya telah kita lakukan seleksi dulu, setelah itu kita berikan undangan untuk periksa mata dan mendapatkan kacamata gratis.” ungkap Kepala Markas PMI Solo, Tri Muryanto.

Muryanto mengatakan, hampir seluruh siswa dan siswi yang datang hari ini adalah mereka yang bermasalah dengan penglihatan. Hal ini didasarkan pada data dari relawan yang disebar ke seluruh SD dan SMP.

“Tahapan sebelumnya adalah kita menyebar relawan untuk mendata siswa yang terindikasi memiliki masalah dengan penglihatan, setelah itu baru kita lakukan pemeriksaan disini, untuk mengetahui seberapa parah masalah tersebut,” ungkapnya.

Acara yang terselenggara atas kerjasama Palang Merah Indonesia (PMI), Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dan Lions Club ini berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis ini akan berlangsung hingga Kamis pekan depan.

“Jika siswa ada gangguan mata maka hari ini juga yang sudah siap langsung kita berikan kacamatanya,” ujarnya.

Penyelenggara sendiri menyiapkan 13.000 kacamata gratis untuk para peserta. Pembagian dilakukan dengan cara bertahap dan terseleksi.

“Target kita untuk pembagian kali ini sekitar 5000 kacamata. Peserta yang telah terdata ada sekitar 4000 siswa,” pungkas dia.

Salah satu peserta, Larasati (10) mengatakan bahwa dirinya senang mendapatkan kacamata gratis. Siswa SD Pangudi Luhur ini mengaku sudah sejak lama dirinya mengalami gangguan minus pada matanya. Dia mengaku matanya mengalami gangguan akibat terlalu sering terpapar sinar pada telepon pintarnya.

“Suka, gagangnya warnanya pink, bagus,” ujarnya polos.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge